05 November 2019 16:01 wib
  • pendidikan,teknologi

Tema: “Kebutuhan Pasar Kerja Bagi Lulusan Sarjana Manajemen Pada Industri 4.0

Narasumber 1 : HIDA TRIWARANCE (Manager HRD & CDC Witel Telkom Regional Medan)

Narasumber 2 : Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag (Wadek 1 FEBI UIN SU)

 

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara terus melakukan peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan guna menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap diserap oleh lapangan kerja. Salah satu kegiatan untuk mendukung tujuan tersebut adalah melalui evaluasi kurikulum secara berkala sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan industri lapangan kerja. Salah satu kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan oleh Prodi Manajemen adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Hotel Sultann Darussalam, Medan pada 10 Oktober 2019.

Dalam kesempatan ini, hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Hida Triwarance, Manager HRD & CDC Witel Telkom Regional Medan yang memaparkan bahwa revolusi industri 4.0 saat ini bergerak ke arah IoT (Internet of Things) dimana aktivitas manusia mulai bergantung kepada internet. Bahkan, banyak perusahaan-perusahaan baru yang core bisnisnya memanfaatkan internet. Dan Indonesia merupakan negara ke 4 tertinggi di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Menanggapi tantangan industri 4.0 tersebut, Ibu Hida Triwarance menyebutkan setidaknya ada 10 skill yang harus dimiliki oleh SDM khususnya para lulusan Prodi Manajemen, yaitu:  Complex Problem Solving; Critical Thinking; Creativity; Service Orientation; Negotiation; Cognitive responsibility; Emotional Intelligence; Coordinative with others; People management.

Dari sisi akademis, narasumber lainnya yaitu Bapak Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan FEBI UIN SU merekomendasikan beberapa matakuliah yang dapat mendukung tujuan Program Studi Manajemen dalam menghasilkan lulusan yang siap menghadapi industri 4.0. Beberapa mata kuliah tersebut yaitu: E-commerce Business; Analisa bisnis digital; Ekonomi digital; Psikologi bisnis; Statistic; Supply chain management; Global business; Programming and coding; Artificial intelligent

 Sehingga, dari hasil diskusi dengan kedua narasumber diperoleh kesimpulan bahwa beberapa matakuliah baru harus ditambahkan dalam kurikulum Program Studi Manajemen. Dan dalam proses pembelajara, diharapkan para pengajar dapat memberikan nilai tambah tidak sekedar teori namun juga praktek-praktek yang dapat meningkatkan skill mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industri 4.0