09 Agustus 2019 11:22 wib
  • pendidikan

Universitas Negeri Sumatera Utara (UINSU) kembali mengadakan kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) yang diikuti oleh 7.320 mahasiswa baru T.A 2018/2019. Jumlah peserta tahun ini merupakan jumlah peserta terbanyak selama UINSU berdiri.

Selain itu, PBAK tahun ini merupakan PBAK yang spesial bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam karena pada kegiatan PBAK tahun ini turut serta 112 mahasiswa-mahasiswi baru dari Program Studi Manajemen. Program Studi Manajemen merupakan Program Studi yang baru dibuka pada tahun ini dan berada dalam naungan FEBI. Patut diakui bahwa tahun ini animo calon mahasiswa baru yang mendafatar di Program Studi Manajemen sangatlah besar. Namun, karena keterbatasan daya tampung, maka hanya 112 mahasiswa-mahasiswi yang dapat diterima di Prodi Manajemen dari total pendaftar lebih dari 500 orang melalui Jalur Seleksi Ujian Mandiri.

Dalam kegiatan PBAK, mahasiswa-mahasiswi baru UINSU diajak berkeliling (tour) mengenal sekeliling area kampus UINSU. Mereka juga diperkenalkan bagaimana budaya pendidikan di lingkungan UINSU serta diperkenalkan dengan berbagai organisasi kemahasiswaan UINSU. Selain itu, ada yang berbeda dalam kegiatan PBAK tahun ini, dimana UINSU tercatat telah memecahkan Rekor MURI suntuk kategori 17 kali khatam membaca Al-Qur’an dalam waktu 18 menit dengan jumlah pembaca terbanyak.